REFORMED MILLENIUM CENTER INDONESIA

EXPLORER

LPM

SEJARAH

STT Reformed Injili Internasional (d/h Institut Reformed) dimulai dari suatu gerakan pimpinan Roh Kudus pada saat Pdt. Dr. Stephen Tong berada dalam penerbangan dari Amerika ke Singapore pada tahun 1995. Dr. Tong berbicara dengan dua rekan hamba Tuhan yang juga merasakan gerakan yang sama. Setelah itu dimulailah Reformed Institute for Christianity and 21st Century untuk pertama kalinya di Washington DC. Pada tahun 1996 dimulai kuliah Intensif di Washington DC untuk gelar M.C.S. (Master of Christian Studies). Kuliah ini diikuti oleh 108 mahasiswa/i dari berbagai negara, dimana sebagian besar peserta bergelar Ph.D. di bidang lain.

Pada saat yang bersamaan di Jakarta dimulai Seri Bina Wawasan Kristen (SBWK). Seminar-seminar ini dihadiri oleh banyak orang dari berbagai macam profesi, pengalaman pelayanan, dan denominasi gereja. Tema-tema seminarnya berkaitan dengan wawasan Kristen dalam mandat budaya, antara lain: integritas hidup, kebudayaan, filsafat, epistemologi, seni, dan lainnya. Maka sekembalinya Dr. Tong ke Jakarta, beliau meresmikan program Studi M.C.S. STT Reformed Injili Internasional pada hari Minggu 21 Juli 1996 di Kebaktian Minggu GRII Pusat (saat itu di Gedung Granadha) dengan mahasiswa paruh waktu angkatan pertama berjumlah sekitar 120 orang dan 26 diantaranya mahasiswa penuh waktu dalam program S.Th., M.Div, dan M.C.S. Selanjutnya dibuka juga program studi Sarjana Musik Gerejawi dan M.A. dalam Penginjilan. Perkuliahan diadakan pada hari Senin s/d Jumat (kelas malam hari) dan Sabtu (pukul 16.00 – 21.00) bertempat di Jl. Tanah Abang III/1 Jakarta Pusat. Setelah perkuliahan berjalan selama 2 tahun, maka pada tahun 1998 tonggak baru dimulai dengan pembelian 12 ruko di Ruko Prima Sunter, Jakarta Utara. Perkuliahan mahasiswa angkatan pertama secara penuh waktu dimulai di Ruko Pinangsia – Lippo Karawaci. Setelah dua ruko STT Reformed Injili Internasional selesai direnovasi maka perkuliahan, perpustakaan dan asrama mahasiswa dipindah ke kedua ruko tersebut.

Pada Juni 2001, dengan selesainya renovasi 10 ruko, maka seluruh perkuliahan, perpustakaan, tempat tinggal dosen dan tempat tinggal mahasiswa dipindahkan. Pada Juli 2011, STT Reformed Injili Internasional berpindah lokasi dan beroperasi di dalam satu kompleks Reformed Millennium Center Indonesia, Kemayoran dimana Gereja Reformed Injili Indonesia berada. Kompleks ini juga memiliki fasilitas Konser Hall Aula Simfonia Jakarta dan Museum Sofilia Fine Art Center.

Seturut dengan upaya mengembangkan potensi diri, maka STT Reformed Injili Internasional menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Westminster Theological Seminary (WTS), Philadelphia, USA di bulan April 2011, Theologische Universiteit (TU) Kampen di April 2014, Vrije Universiteit (VU) Amsterdam di November 2014, dan Theologische Universiteit (TU) Apeldoorn di bulan April 2017. Pada tahun 2014, Program Studi Sarjana Teologi mendapatkan peringkat terakreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dan pada tahun 2015, Program Studi Magister Teologi juga mendapatkan peringkat terakreditasi “B”. Untuk meningkatkan kegiatan penelitian diantara perguruan tinggi Kristen khususnya di lingkungan STT Reformed Injili Internasional, pada tahun 2014 diterbitkan jurnal nasional Verbum Christi. Kemudian pada tahun 2015 STT Reformed Injili Internasional bekerjasama dengan WTS menerbitkan International Journal of Reformed Theology and Life Unio Cum Cristo untuk mewadahi kegiatan penelitian teologi secara global. Pada Januari 2018, Jurnal Internasional Unio Cum Christo terindex ATLA Religion Database.

LPM STTRII
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

AGENDA

Timeline AMI (TS-1 2021/2022)

No.

Hari & Tanggal

Proses AMI

Keterangan

1.

Senin-Rabu, 20-23 Maret 2023

Menyiapkan dan mengirimkan surat pemberitahuan ke UPT + Lampiran

· Draft dikerjakan oleh Pak Anen

· Lampiran standar disiapkan Ibu Yuki dan dilengkapi oleh Pak Anen

· Final Draft akan diberikan kop surat dan diprint-out dan ditandatangani

2.

Senin-Rabu, 3-5 April 2023

Masa penyerahan dokumen dari UPT

Paling telat 10 hari setelah surat diterima

3.

Sampai dengan 30 April 2023

Pemeriksaan dokumen dan pembuatan daftar tilik oleh tim LPM

Akan ada pembagian tugas untuk pemeriksaan dan pembuatan daftar tilik

4.

Senin-Rabu, 1-3 Mei 2023

Menyiapkan dan mengirimkan surat pemberitahuan assessment lapangan dan jadwal per UPT

 

5.

Senin-Selasa, 8-9 Mei 2023

Pelaksanaan assessment lapangan

 

6.

 

Pembuatan laporan assessment lapangan

 

7.

 

Rapat Tinjauan Managemen

 

Timeline AMI (TS-1 2022/2023)

No.

Hari & Tanggal

Proses AMI

Keterangan

1.

Selasa, 5 Sept 2023

Menyiapkan dan mengirimkan surat pemberitahuan ke UPT + Lampiran

 

2.

Jumat, 22 Sept 2023

Masa penyerahan dokumen dari UPT

Paling telat 10 hari setelah surat diterima

3.

Sampai dengan 23 Okt 2023

Pemeriksaan dokumen dan pembuatan daftar tilik oleh tim LPM

Akan ada pembagian tugas untuk pemeriksaan dan pembuatan daftar tilik

4.

Jumat, 27 Okt 2023

Menyiapkan dan mengirimkan surat pemberitahuan assessment lapangan dan jadwal per UPT

 

5.

Kamis-Jumat, 2-3 Nov 2023

Pelaksanaan assessment lapangan

 

6.

 

Pembuatan laporan assessment lapangan

 

7.

 

Rapat Tinjauan Managemen

LPM STTRII
LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

BERITA

Benchmarking Dengan UKI

28 November 2022

Benchmarking dapat diartikan sebagai patokan atau alat analisis untuk melihat kinerja suatu organisasi atau institusi, khususnya organisasi atau institusi yang telah memiliki kinerja sangat baik dan dapat menjadi standard bagi yang lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Tim LPMI dan UPPM STT Reformed Injili Internasional (STTRII) terhadap Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang telah mendapatkan nilai Unggul dalam Akreditasi Institusinya.

Dengan tujuan untuk belajar, Tim LPMI dan UPPM STTRII dituntun untuk melihat proses dan juga capaian yang telah dilakukan oleh Tim LPM, AMI dan LPPM UKI. Hal ini kiranya dapat menjadi pengalaman yang memberikan wawasan bagi Tim LPMI dan UPPM STTRII dalam mengembangkan dan meningkatkan standard STTRII.

Rapat Tim LPMI

01 Desember 2022

Setelah mengikuti Benchmarking ke Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada bulan lalu, Tim LPMI STTRII mengadakan rapat internal untuk membahas hal-hal yang perlu dilakukan terkait persiapan akreditasi Institusi dan Program Studi. Selain itu, Tim LPM juga membawa mengenai rencana audit internal yang akan dilakukan secara periodik.

Rapat Tim LPMI

14 Desember 2022

Tim LPMI berkoordinasi dan mengevaluasi kembali standard-standard dari setiap unit.

Rapat Tim LPMI

1 Maret 2023

Rapat tim LPMI dalam mengesahkan kebijakan cuti akademik dan peraturan akademik, secra khusus kebijakan skorsing mahasiswa.

Rapat Koordinasi Persiapan Audit Mutu Internal

08 Maret 2023

Rapat pertama koordinasi Tim LPMI dalam rangka persiapan Audit Mutu Internal yang dilakukan pada Bulan Maret-Mei 2023 terhadap Unit Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi.

Rapat Koordinasi Persiapan Audit Mutu Internal

15 Maret 2023

Rapat pertama koordinasi Tim LPMI dalam pembuatan timeline untuk Audit Mutu Internal yang dilakukan pada Bulan Maret-Mei 2023 terhadap Unit Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi

Rapat Koordinasi Persiapan Audit Mutu Internal

24 Maret 2023

Rapat pertama koordinasi Tim LPMI dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal terhadap Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi

Rapat Koordinasi Persiapan Audit Mutu Internal

30 Maret 2023

Rapat kedua koordinasi Tim LPMI pelaksanaan Audit Mutu Internal terhadap Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi

Rapat Persiapan Akreditasi

10 April 2023

Tim LPMI bersama para pimpinan dan tim akreditasi melakukan koordinasi terkait Lembar Kerja Program Studi Program Studi Doktor.

Rapat Pelaksanaan Audit Mutu Internal Bidang Administrasi Akademik

13 April 2023

Tim LPMI memberikan sosialisasi pelaksanaan Audit Mutu Internal kepada seluruh Staf Akademik dan AMI Bagian Administrasi Akademik khususnya dimulai dengan penjelasan jenis-jenis dokumen akademik yang diperlukan di dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal. 

Ditutup dengan kesepakatan penyerahan dokumen baik hardcopy maupun softcopy kepada Tim Audit Mutu Internal yang telah ditunjuk. Adapun pertemuan dilakukan secara hybrid.

Rapat Persiapan Akreditasi

17 April 2023

Tim LPMI bersama para pimpinan membahas mengenai perpindahan homebase dosen.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal

06 Juli 2023

Rapat ketiga koordinasi Tim LPMI dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal terhadap Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi dan melakukan peninjauan kembali daftar tilik atas dokumen-dokumen Audit Mutu Internal.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal

12 Juli 2023

Tim LPMI melakukan rapat koordinasi untuk pengadaan asesmen lapangan terhadap Bagian Adminstrasi Akademik, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal

03 Agustus 2023

Rapat keempat koordinasi Tim LPMI dalam pelaksanaan Audit Mutu Internal terhadap Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswan, UPT Perpustakaan dan UPT Informasi Teknologi dan meninjau kembali daftar tilik Audit Mutu Internal berdasarkan Standar Penjaminan Mutu Internal sebelum dilakukannya asesmen lapangan.

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Audit Mutu Internal

09 Agustus 2023

Tim LPMI melakukan asesmen lapangan Program Studi Doktor.

Asesmen Lapangan Audit Mutu Internal

21 Agustus 2023

Tim LPMI melakukan asesmen lapangan UPT Informasi Teknologi dan UPT Perpustakaan.

Asesmen Lapangan Audit Mutu Internal

22 Agustus 2023

Tim LPMI melakukan asesmen lapangan Program Studi Sarjana dan Magister.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

15 September 2023

Menindaklanjuti hasil Benchmarking dengan STFT Jakarta pada tanggal, Tim LPMI segera melengkapi berbagai dokumen pendukung yang diperlukan di dalam persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII yang direncanakan pengajuannya pada tahun 2024.

Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Temuan Audit Mutu Internal

20 November 2023

Tim LPMI melakukan rapat koordinasi dan konfimasi terhadap temuan Audit Mutu Internal pada Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (khususnya Prodi Sarjana dan Doktor), UPT Perpustakaan dan UPT Sistem Informasi.

Rapat koordinasi ditutup dengan kesepakatan terhadap evaluasi dan tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mengendalikan serta meningkatkan kualitas mutu Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (khususnya Prodi Sarjana dan Doktor), UPT Perpustakaan dan UPT Sistem Informasi.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

21 Desember 2023

Tim LPMI bersama para pimpinan dan staf melakukan koordinasi dan pembentukan tim kecil untuk melakukan pengerjaan lebih rinci terhadap setiap kriteria dalam persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

5 Januari 2024

Tim LPMI melakukan rapat koordinasi untuk persiapan kelengkapan dokumen Akreditasi Program Studi Doktor.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

16 Januari 2024

Tim LPMI bersama para pimpinan dan perwakilan dari setiap unit melakukan pembagian kerja untuk pengerjaan kelengkapan dokumen akreditasi Program Studi Doktor.

Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Temuan Audit Mutu Internal

29 Januari 2024

Tim LPMI melakukan rapat koordinasi dan konfimasi terhadap temuan Audit Mutu Internal pada Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Program Studi Magister).

Rapat koordinasi ditutup dengan kesepakatan terhadap evaluasi dan tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mengendalikan serta meningkatkan kualitas mutu Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (Program Studi Master)

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

7 Maret 2024

Tim LPMI bersama pimpinan dan perwakilan dari setiap unit melakukan koordinasi dan perencanaan akreditasi Program Studi Doktor.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

28 Maret 2024

Tim LPMI bersama dengan sekretariat pimpinan berkoordinasi untuk kelengkapan dokumen-dokumen pendukung jalannya persiapan Laporan Evaluasi Diri akreditasi Program Studi Doktor.

Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Temuan Audit Mutu Internal

3 April 2024

Tim LPMI melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan LPMI dan menyusun kembali rencana kegiatan LPMI.

 Tim LPMI juga melakukan koordinasi dan follow up terhadap Lembar Evaluasi Diri Program Studi Doktor yang sedang dipersiapkan.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

3 Mei 2024

Tim LPMI melakukan koordinasi dan follow up terhadap Lembar Evaluasi Diri dan Lembar Kinerja Program Studi Doktor yang sedang dipersiapkan.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

8 Mei 2024

Tim LPMI bersama sekretariat pimpinan melakukan tindak lanjut terhadap Lembar Evaluasi Diri dan Lembar Kinerja Program Studi Doktor yang sedang dipersiapkan.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

14 Mei 2024

Tim LPMI bersama dengan para pimpinan melakukan review terhadap Lembar Evaluasi Diri dan Lembar Kinerja Program Studi Doktor yang telah selesai.

Rapat Koordinasi Persiapan Akreditasi Program Studi Doktor STTRII

14 Mei 2024

Tim LPMI bersama sekretariat pimpinan memeriksa kembali kelengkapan dokumen akreditasi Program Studi Doktor, serta mempersi.apkan simulasi asesmen lapangan yang direncanakan pada awal bulan Agustus 2024